Anggota Dewan I Putu Sudiartana dan Tiga Lainnya ditangkap KPK
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap seorang anggota DPR Komisi Hukum I Putu Sudiartana. Politisi dari Partai Demokrat itu ditangkap bersama tiga orang lainnya.

"Identitas adalah Putu Sudiartana dan tiga orang lainnya, termasuk [nya] staf dan sopir," kata seorang pejabat KPK, Rabu 29 Juni 2016. Tiga orang lainnya adalah Novianti, Ipin dan Mukhlis.

Penangkapan telah dikonfirmasi oleh Kepala KPK Agus Raharjo. "Itu benar," katanya, tanpa menyebut identitas mereka. Sejak penangkapan, KPK telah memiliki 24 jam untuk memutuskan apakah Putu akan ditetapkan sebagai tersangka korupsi atau dilepaskan.

Ketua DPR Komisi III Bambang Soesatyo telah mengkonfirmasi laporan itu. "Ya, itu benar," katanya kepada Tempo. Menurut Bambang, Novianti dan Ipin adalah staf Putu. Sedangkan Mukhlis diduga suami Novianti ini.

"Ya, namanya adalah Mukhlis. Dia seorang pengusaha, mereka berkata, "ujar Bambang. Dia tidak tahu tentang hal terjerat anggota komisi nya.

Putu adalah anggota pertama dari Komisi Hukum DPR ditangkap oleh KPK dalam operasi sengatan. Sebelum Putu, anggota parlemen Damayanti Wisnu Putrianti Komisi Infrastruktur DPR telah ditangkap oleh KPK. [en.tempo.co]