HOT REAKSI NETIZEN: Kisah Martunis Inspirasional
LISABON - Perjalanan Martunis menjadi skuat Sporting Lisbon U-19 dinilai sebagai kisah inspirasional. Setidaknya, itu diungkap pengguna internet atau netizen dalam akun sosial media.

"Off topic tapi cerita ini harus dibaca, terutama untuk Milanisti Indonesia. Sepak bola adalah benar-benar permainan indah," kicau pemilik akun ‏@Milangirls yang menautkan kicauannya dengan berita Martunis berjudul "The absolutely incredible story of new Sporting Lisbon signing Martunis" dalam laman 101greatgoals.com.

Martunis, pria kelahiran Banda Aceh, 10 Oktober 1997, resmi menjadi pemain Sporting setelah klub mengumunkan dalam akun resmi mereka (@sporting_CP), Rabu (1/7/2015). "Martunis adalah atlet Akademi Sporting, dimana dia akan tinggal, belajar, tumbuh sebagai lelaki dan di sepak bola," demikian pernyataan Sporting.
REAKSI NETIZEN Kisah Martunis Inspirasional

Menengok kebelakang. Martunis adalah bocah Aceh yang selamat dari terjangan tsunami pada 26 Desember 2004. Saat bencana terjadi, Martunis berusia 8 tahun. Selama 21 hari dia terkatung-katung, dan bertahan hidup dengan memakan mie yang dia temukan. Kisahnya menjadi perhatian dunia.

Bintang sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo memberi perhatian khusus kepada Martunis, karena saat ditemukan, Martunis mengenakan kostum timnas Portugal dengan no 10 milik Rui Costa. Hingga 17 tahun kemudian, Martunis menemukan jalan mewujudkan cita-citanya menjadi pemain sepak bola pofesional. (Baca juga: Anak Angkat Ronaldo Asal Indonesia Gabung Sporting Lisbon)

"Dan disaat pada ribut rebutan PSSI, di belahan dunia lain: Martunis, 17 years old will join the Sporting Academy and represent the U19 squad," demikian kicau Febrian E Nugroho lewat akun ‏@febrianenugroho.

Di jagad maya Portugal dan Indonesia, nama Martunis langsung masuk menjadi trending topic twitter. "Kisah di balik pemain Sporting berusia 17 tahun, Martunis, sungguh luar biasa. Suatu bukti apa yang manusia dapat raih," kicau Liam Bekker (@BekkersBlog). (Baca juga: Kisah Ajaib Martunis Ikuti Jejak Ronaldo)

"Dari korban tsunami ke pemain sepak bola profesional, setidaknya itu beberapa berita positif dari Indonesia," imbuh neil chatterjee (‏@neilrchatterjee).

Lalu, akun bernama Louange K ÖZIL meneriakkan kekagumannya "OMG WONDERFULL THIS BOY DON't GIVE UP HIS DREAMS AND ONCE AGAIN @Cristiano PROVE THAT HE IS A GREAT PERSON#BLESS #MARTUNIS"

Sementara Presiden Sporting Bruno de Carvalho menyatakan Martunis akan masuk akademi dan mengembangkan dirinya di sana. "Kami akan bekerja bersamanya, juga dalam mengembangkan diri baik sebagai umat manusia dan seorang pria," katanya.
source: http://soccer.sindonews.com/read/1019495/59/reaksi-netizen-kisah-martunis-inspirasional-1435844043